Thursday, May 25, 2023

Perencanaan Pendidikan (Ebook)

Di dunia korporasi dan dunia usaha lainnya, perencanaan strategis telah menjadi kata kunci yang sangat penting. Ini berarti bahwa, memiliki rencana yang strategis hampir selalu memberi hasil yang lebih baik daripada jika kita hanya berhati-hati. Yang menjadi permasalahan adalah banyak dari kita yang terlalu akrab dengan perencanaan strategis yang belum matang sehingga hanya menjadi rencana yang tidak pernah sepenuhnya terwujud. Namum aturan mainnya akan sedikit berbeda dalam dunia pendidikan. Hasil tidak didasarkan pada banyaknya pelanggan (dalam hal ini pengguna jasa pendidikan) baru, mendapatkan pangsa pasar, atau melampaui target triwulanan, dan lain-lain. Sebaliknya, perencanaan strategis dalam pendidikan telah berkembang menjadi cara untuk menyelaraskan komunitas yang lebih luas untuk menghasilkan lulusan yang lebih baik. Orang-orang dapat melihat manfaat perencanaan strategis tentunya dari lulusan dan kualitas pendidikan.

Intinya, perencanaan strategis adalah proses menetapkan tujuan, memutuskan tindakan untuk mencapai tujuan tersebut, dan memobilisasi sumber daya yang diperlukan untuk mengambil tindakan tersebut (Woodhall dkk, 2004). Rencana strategis menjelaskan bagaimana tujuan akan dicapai melalui penggunaan sumber daya yang tersedia. Seperti yang diketahui bersama, perencanaan strategis, seperti yang kita kenal sekarang, berkembang dari strategi militer. Strategis berasal dari bahasa Yunani “Strategos” secara harfiah berarti "jenderal tentara".

Secara umum, perencanaan strategis dalam pendidikan adalah proses menetapkan tujuan menyeluruh jangka panjang dan kemudian menentukan jalur yang jelas dan terstruktur untuk mencapainya. Proses ini adalah cara untuk melihat gambaran besar sebagai lawan dari perencanaan taktis yang menargetkan tugas jangka pendek. Dalam mengajar, ini seperti membangun kurikulum tahunan versus rencana pembelajaran. Beberapa ahli percaya bahwa perencanaan strategis pendidikan sangat berbeda dari perencanaan strategis bisnis sehingga pantas mendapatkan namanya sendiri. Ini disebabkan oleh perbedaan mendasar tertentu yang memisahkan keduanya.

No comments:

Post a Comment

Give your positive comments.
Avoid offensive comments.
Thank you.