Sunday, January 1, 2017

Perbedaan mendasar pembelajaran discovery and inquiry


No
Pembeda
Discovery
Inquiry
1
Pengertian
prosedur mengajar yang
mementingkan pengajaran perseorangan, manipulasi obyek dan lain-lain, sebelum
sampai kepada generalisasi. Metode discovery learning merupakan komponen dari
praktek pendidikan yang meliputi metode mengajar yang memajukan cara belajar aktif,
beroreientasi pada proses, mengarahkan sendiri, mencari sendiri dan reflektif.
Model pembelajaran inquiry adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analisis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan
3
Kelebihan
1.    Teknik ini mampu membantu siswa untuk mengembangkan, memperbanyak kesiapan, serta penguasaan keterampilan dalam proses  kognitif/mendalam tertinggal dalam jiwa siswa tersebut,
2.    Siswa memperoleh pengetahuan yang bersifat sangat pribadi/individual sehingga dapat kokoh/mendalam tertinggal dalam jiwa siswa tersebut
3.    Dapat membangkitkan kegairahan belajar para siswa.
4.    Teknik ini mampu memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkembang dan maju sesuai dengan kemampuannya masing-masing.
5.    Mampu mengarahkan cara siswa belajar, sehingga lebih memiliki motivasi yang kuat untuk belajar lebih giat.
6.    Membantu siswa untuk memperkuat dan menambah kepercayaan pada diri sendiri dengan proses penemuan sendiri.
7.    Strategi itu berpusat pada siswa tidak pada guru. Guru hanya sebagai teman belajar saja, membantu bila di perlukan.
1.      pembelajaran yang menekankan  kepada pengembanganaspek kognitif, afektif, dan psikomotor secara seimbang
2.      dapat memberikan ruang kepada siswa untuk belajar sesuai dengan gaya belajar mereka
3.      sesuai dengan perkembangn psikologi modern
4.      dapat melayani kebutuhan siswa yang memiliki kemampuan diatas rata-rata
4
Kekurangan
1.    Pada siswa harus ada kesiapan dan kematangan mental untuk cara belajar ini. Siswa harus berani dan berkeinginan untuk mengetahui keadaan sekitarnya dengan baik.
2.    Bila kelas terlalu besar penggunaan teknik ini akan kurang berhasil.
3.     Bagi guru dan siswa yang sudah biasa dengan perencanaan dan pengajaran tradisional mungkin akan sangat kecewa bila diganti dengan teknik penemuan.
4.    Dengan teknik ini ada yang berpendapat bahwa proses mental ini terlalu mementingkan proses pengertian saja , kurang memperhatikan perkembangan atau pembentukan sikap dan keterampilan bagi siswa.
5.    Teknik ini mungkin tidak memberikan kesempatan untuk berpikir secara kreatif.
1.      sulit mengotrol kegiatan dan keberhasilan siswa
2.      sulit merencanakan pembelajaran oleh karenaterbentur dengan kebiasaan siswa dalambelajar
3.      memerlukan waktu yang panjang untuk mengiplementasikannya
5
Sintak
1.    Orientasi
2.     Identifikasi Masalah
3.    Observasi
4.      Pengumpulan Data
5.      Pengolahan Data Dan Analisis
6.    Verifikasi
7.    Generalisasi
1.      Orientasi
2.      Merumukan Masalah
3.      Menyimpulkan Hipotesis
4.      Mengumpulkan Data
5.      Menguji Hipotesis
6.      Kesimpulan


No comments:

Post a Comment

Give your positive comments.
Avoid offensive comments.
Thank you.