Wednesday, May 24, 2023

Supervisi Pendidikan (Ebook)

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam penyebaran ilmu pengetahuan, khususnya terkait dengan berbagai teori dalam konsep supervisi di bidang pendidikan. Buku ini memberikan nuansa berbeda yang saling menyempurnakan dari setiap pembahasannya, bukan hanya dari segi konsep yang tertuang secara terperinci, tetapi juga melalui penyampaian contoh penerapan yang sesuai dan mudah dipahami. 

Sistematika buku ”Supervisi Pendidikan” ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 11 Bab yang dibahas secara rinci dalam pembahasan mengenai konsep dasar supervisi dalan bidang pendidikan, diantaranya: Pengantar Supervisi Pendidikan, Teori Supervisi Pendidikan, Teknik dan Pendekatan Supervisi Pendidikan, Model dan Metode Supervisi Pendidikan, Prinsip Supervisi Pendidikan, Ruang Lingkup Supervisi Pendidikan, Program Supervisi Pendidikan, Konsep Evaluasi Program Supervisi Pendidikan, Supervisi Klinis, Kompetensi Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah, Efektivitas Peran Supervisor dalam Supervisi Pendidikan.

Istilah 'supervisor' yang jika diartikan secara harfiah dapat diartikan sebagai “pengawas”, pada umumnya dapat diartikan sebagai seseorang yang memiliki tugas dan kewajiban untuk memastikan lembaga pendidikan beroperasi secara efisien sesuai persyaratan dan aturan hukum. Tujuan profesi ini adalah untuk memastikan guru dan anggota sekolah lainnya melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan dan memastikan siswa menerima pendidikan terbaik. Seorang supervisor mengacu pada dua tugas yang berbeda, tetapi saling melengkapi: di satu sisi, untuk mengontrol dan mengevaluasi dan, di sisi lain, untuk menasihati dan mendukung guru dan kepala sekolah. Untuk menjalankan fungsi tersebut, supervisor pada prinsipnya berkedudukan di luar sekolah di tingkat lokal, regional atau pusat dan melakukan kunjungan rutin ke sekolah. Mereka juga berfungsi sebagai penghubung antar sekolah dan bertindak sebagai perantara untuk menghubungkan sekolah dengan layanan administrasi di berbagai tingkatan.

Seorang supervisor menentukan berhasil tidaknya suatu sekolah dalam mencapai tujuan rencana pendidikannya. Dengan demikian, sistem pendidikan harus dikembangkan sesuai dengan perkembangan yang terjadi di tingkat lokal, nasional, dan global. Salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan adalah guru, karena guru merupakan komponen pendidikan yang bersifat langsung kontak dengan siswa. Baik buruknya hasil suatu proses pembelajaran sangat ditentukan oleh kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran.


No comments:

Post a Comment

Give your positive comments.
Avoid offensive comments.
Thank you.