No
|
Pembeda
|
Discovery
|
Inquiry
|
1
|
Pengertian
|
prosedur mengajar yang
mementingkan pengajaran perseorangan, manipulasi obyek dan lain-lain,
sebelum
sampai kepada generalisasi. Metode discovery learning merupakan
komponen dari
praktek pendidikan yang meliputi metode mengajar yang memajukan cara
belajar aktif,
beroreientasi pada proses, mengarahkan sendiri, mencari sendiri dan
reflektif.
|
Model pembelajaran inquiry adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang
menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analisis untuk mencari dan
menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan
|
3
|
Kelebihan
|
1.
Teknik
ini mampu membantu siswa untuk mengembangkan, memperbanyak kesiapan, serta
penguasaan keterampilan dalam proses kognitif/mendalam tertinggal dalam
jiwa siswa tersebut,
2.
Siswa
memperoleh pengetahuan yang bersifat sangat pribadi/individual sehingga dapat
kokoh/mendalam tertinggal dalam jiwa siswa tersebut
3.
Dapat
membangkitkan kegairahan belajar para siswa.
4.
Teknik
ini mampu memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkembang dan maju sesuai
dengan kemampuannya masing-masing.
5.
Mampu
mengarahkan cara siswa belajar, sehingga lebih memiliki motivasi yang kuat
untuk belajar lebih giat.
6.
Membantu
siswa untuk memperkuat dan menambah kepercayaan pada diri sendiri dengan
proses penemuan sendiri.
7.
Strategi
itu berpusat pada siswa tidak pada guru. Guru hanya sebagai teman belajar
saja, membantu bila di perlukan.
|
1. pembelajaran
yang menekankan kepada pengembanganaspek kognitif, afektif, dan
psikomotor secara seimbang
2. dapat
memberikan ruang kepada siswa untuk belajar sesuai dengan gaya belajar mereka
3. sesuai
dengan perkembangn psikologi modern
4. dapat
melayani kebutuhan siswa yang memiliki kemampuan diatas rata-rata
|
4
|
Kekurangan
|
1. Pada
siswa harus ada kesiapan dan kematangan mental untuk cara belajar ini. Siswa
harus berani dan berkeinginan untuk mengetahui keadaan sekitarnya dengan
baik.
2. Bila
kelas terlalu besar penggunaan teknik ini akan kurang berhasil.
3. Bagi
guru dan siswa yang sudah biasa dengan perencanaan dan pengajaran tradisional
mungkin akan sangat kecewa bila diganti dengan teknik penemuan.
4. Dengan
teknik ini ada yang berpendapat bahwa proses mental ini terlalu mementingkan
proses pengertian saja , kurang memperhatikan perkembangan atau pembentukan
sikap dan keterampilan bagi siswa.
5. Teknik
ini mungkin tidak memberikan kesempatan untuk berpikir secara kreatif.
|
1. sulit
mengotrol kegiatan dan keberhasilan siswa
2. sulit
merencanakan pembelajaran oleh karenaterbentur dengan kebiasaan siswa
dalambelajar
3. memerlukan
waktu yang panjang untuk mengiplementasikannya
|
5
|
Sintak
|
1.
Orientasi
2.
Identifikasi
Masalah
3.
Observasi
4.
Pengumpulan
Data
5.
Pengolahan
Data Dan Analisis
6.
Verifikasi
7.
Generalisasi
|
1. Orientasi
2. Merumukan
Masalah
3. Menyimpulkan
Hipotesis
4. Mengumpulkan
Data
5. Menguji
Hipotesis
6. Kesimpulan
|
Sunday, January 1, 2017
Perbedaan mendasar pembelajaran discovery and inquiry
Label:
Teaching Documents
Hello, I'm an English enthusiast.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment
Give your positive comments.
Avoid offensive comments.
Thank you.